
Fidelity Guarantee
Fidelity guarantee insurance (FGI) ada untuk melindungi perusahaan atau organisasi Anda dari pencurian uang, sekuritas, atau properti milik perusahaan oleh karyawan, mitra, kontraktor, atau sukarelawan. FGI juga dapat dikenal sebagai penipuan pihak pertama, pencurian atau penutup ketidakjujuran karyawan.
Jaminan
Polis ini melindungi Anda sebagai pemberi kerja dari kerugian uang langsung yang mungkin Anda alami melalui tindakan ketidakjujuran oleh karyawan Anda seperti tindakan pemalsuan, penggelapan, pencurian atau konversi palsu. Cakupannya tidak terbatas pada penyalahgunaan uang tunai dan stok
Objek Asuransi
Jenis objek asuransi
- Uang tunai
- Mata uang asing
- Saham
Tipe Asuransi
4 tipe dari Fidelity Guarantee:
- Individual policy: Berdasarkan Individual policy, pertanggungan terbatas pada kerugian akibat penipuan atau ketidakjujuran karyawan perorangan.
- Collective policy: Di bawah Collective policy, perlindungan diberikan terhadap kerugian bisnis yang disebabkan oleh tindakan penipuan oleh sekelompok karyawan. Pertanggungan dalam jenis polis asuransi kesetiaan ini akan ditentukan berdasarkan tanggung jawab dan posisi masing-masing karyawan.
- Blanket policy: Blanket policy mencakup sekelompok karyawan tanpa nama orang yang dijamin. Pada dasarnya, jenis kebijakan ini dikeluarkan untuk bisnis yang sudah mapan.
- Floater policy: Floater policy menjamin sekelompok karyawan dengan satu jumlah jaminan yang diberikan di seluruh grup. Minimal lima karyawan harus berada di sana untuk memanfaatkan pertanggungan ini.
Pengecualian
Asuransi ini tidak menjamin:
- Kerugian yang timbul dari penekanan fakta yang mempengaruhi risiko pada saat pemberlakuan polis
- Lebih dari satu klaim yang dibuat sehubungan dengan satu karyawan
- Jika ada perubahan kondisi atau keadaan hubungan kerja tersebut tanpa persetujuan dari perusahaan.
- Kerugian yang timbul di tempat lain selain dari batas teritorial yang tercantum dalam skedul polis
- Kerugian yang timbul karena tidak ditaati dan dilonggarkannya sistem pemeriksaan dan pencegahan
- Kerugian atau kerusakan konsekuensial atau tidak langsung yang bukan merupakan akibat langsung dari bahaya yang diasuransikan, polis juga tidak mencakup kerugian atau kerusakan atau kewajiban kontraktual atau kewajiban hukum dalam bentuk apa pun.
- Ditemukan lebih dari 12 bulan setelah pemutusan jaminan atau layanan dari karyawan yang bersangkutan
- Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh tindakan yang disengaja atau kelalaian berat dari pihak tertanggung, karyawan atau orang lain yang bertindak atas nama mereka
- Kerugian seperti kerugian perdagangan, kekurangan stock opname dan kerugian yang tidak disebabkan oleh ketidakjujuran atau penipuan
- Kerugian adalah karena suatu tindakan yang dilakukan setelah suatu tindakan penipuan atau ketidakjujuran sebelumnya yang telah diketahui oleh tertanggung atau supervisor atau kepada perwakilan tertanggung
- Kerugian yang diakibatkan langsung atau tidak langsung dari perdagangan efek
- Kerusakan akibat terorisme
Jaminan Perluasan
Setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan karena terorisme (yang umumnya tidak termasuk dalam rencana dasar) dapat ditanggung oleh asuransi fidelity dengan membayar sejumlah premi tambahan.
Nilai Pertanggungan
Batas finansial seperti yang ditentukan oleh Tertanggung
Data minimum yang dibutuhkan
Info untuk Underwriting
- Daftar karyawan dengan rincian posisi dan tanggung jawab
- Pekerjaan/Jenis Usaha
- Catatan kerugian dalam 3 tahun
- Sistem keamanan di tempat yang diasuransikan
- Jumlah uang yang dihemat
- Tempat penyimpanan uang
- Penanggung jawab pemegang kunci
- Jenis kotak pengaman

Tata cara klaim
Dalam hal terjadi kehilangan/kerusakan, Tertanggung wajib:
- Memberi tahu Perusahaan tentang kerugian sesegera mungkin tetapi tidak lebih dari empat belas (14) hari sejak tanggal penemuan.
- Menyampaikan kepada Perusahaan dalam format yang diperlukan pernyataan kehilangan dengan informasi yang relevan dan keterangan lainnya termasuk tanggal dan keadaan peristiwa sejauh diketahuinya.
- Melaporkan masalah tersebut kepada Polisi dan mengambil langkah-langkah untuk pemulihan uang dan/atau harta benda yang hilang.
- Berikan informasi tambahan yang akan membantu dalam menangani klaim.
Dokumen pendukung
- Formulir klaim
- Laporan polisi
- Hasil Investigasi polisi
- Laporan audit internal menjelaskan metode penggelapan serta memverifikasi jumlah kerugian.
- Surat Pengangkatan dan/atau Pemutusan Hubungan Kerja
- Uraian rinci tentang tugas pekerjaan karyawan
- Catatan yang mendukung jumlah yang diklaim
- Dokumen pendukung lainnya
Penanggung dapat menunjuk seorang penilai kerugian untuk memverifikasi kerugian tersebut.