Trade Credit

Asuransi Trade Credit memberikan perlindungan untuk bisnis jika pelanggan yang berutang uang untuk produk atau layanan tidak membayar utang mereka, atau membayarnya lebih lambat dari ketentuan pembayaran yang ditentukan. Ini memberi bisnis kepercayaan diri untuk memberikan kredit kepada pelanggan baru dan meningkatkan akses ke pendanaan, seringkali dengan harga yang lebih kompetitif.

Tidak peduli seberapa hati-hati Anda, pelanggan Anda terkadang gagal membayar. Kecuali jika Anda menuntut pembayaran di muka atau dilindungi oleh asuransi Trade Credit ini membuat Anda rentan terhadap kredit macet. Bisakah bisnis Anda membayar hutang yang buruk? Asuransi Trade Credit  melindungi arus kas Anda. Ini mencakup perdagangan Anda dengan pelanggan Anda, sehingga Anda tetap dibayar bahkan jika mereka gagal atau gagal membayar Anda.

Asuransi Trade Credit bekerja dengan mengasuransikan Anda terhadap pembeli Anda yang gagal membayar, jadi setiap faktur dengan pelanggan itu ditanggung untuk tahun asuransi. Ini digunakan oleh bisnis dari semua ukuran untuk melindungi perdagangan internasional dan domestik. Bisnis juga menggunakan asuransi Trade Credit untuk membantu mereka mengamankan keuangan dan modal kerja dengan bank, menjelajahi pasar baru dengan percaya diri dan menarik pelanggan baru dengan persyaratan kredit yang menguntungkan.

Seperti semua jenis asuransi, tidak ada satu pendekatan yang cocok untuk semua. tingkat dan biaya asuransi Trade Credit Anda akan ditentukan oleh kebutuhan Anda. Misalnya ukuran portofolio kredit Anda, tingkat risiko yang terkait dengan pelanggan Anda dan lokasi pasar Anda akan unik untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, sebagian besar solusi asuransi akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jaminan

Perusahaan asuransi Trade Credit umumnya akan menanggung dua jenis risiko yang dapat dimasukkan oleh bisnis ke dalam pertanggungan mereka:

  1. Risiko komersial – risiko bahwa pelanggan Anda tidak dapat membayar tagihan terutang karena alasan keuangan, misalnya, dinyatakan pailit atau gagal bayar yang berkepanjangan.
  2. Risiko politik – tidak terbayarnya pembayaran sebagai akibat dari peristiwa di luar kendali pemegang polis atau nasabah, misalnya karena peristiwa politik (perang, revolusi); bencana, (gempa bumi, angin topan); atau kesulitan ekonomi, seperti kekurangan mata uang sehingga tidak dapat mentransfer uang yang terutang dari satu negara ke negara lain dan peraturan dari pemerintah untuk menghentikan transaksi antar negara.

Objek yang diasuransikan

Obyek yang ditanggung adalah piutang yang berkaitan dengan barang/jasa yang dijual di dalam negeri dan ekspor dengan berjangka.

Tipe dari polis

  1. Ekspor – Polis yang secara khusus dirancang untuk perusahaan pengekspor, dan memberikan perlindungan tambahan untuk berbagai risiko seperti pembatasan impor baru, perang, pertukaran yang tidak dapat ditukar, yang mungkin timbul sebagai akibat dari tindakan pembeli atau pihak ketiga pemerintah partai.
  2. Multinasional – Kebijakan yang memberikan perlindungan multinasional di seluruh grup atau di seluruh dunia dalam kondisi yang sama, terlepas dari lokasi unit bisnis.
  3. Risiko Politik – Kebijakan yang mencakup pertukaran yang tidak dapat ditukar, frustrasi kontrak (misalnya, oleh perang saudara), pembatalan kontrak, pembatasan impor dan ekspor, dll

Pengecualian

  1. Akibat dari penghindaran oleh Pembeli Tertanggung dari suatu kontrak mengenai barang karena kontrak tersebut batal, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan atau karena penolakan kontrak tersebut oleh Pembeli Tertanggung,
  2. Yang berkaitan dengan pajak penjualan, GST, uang retensi, biaya bunga, denda, biaya pemerintah dan pajak dan segala kerusakan atau biaya konsekuensial;
  3. Berkaitan dengan atau yang timbul dari setiap transaksi yang melibatkan pemindahan ke atau dari barang-barang yang akan disimpan atau dipegang berdasarkan persediaan konsinyasi oleh Pembeli Tertanggung atau Agen Pembeli Tertanggung; kecuali telah disetujui sebelumnya secara tertulis, dengan tunduk pada persyaratan tertentu, untuk menjamin barang yang ditarik dari konsinyasi dan Tertanggung telah memenuhi persyaratan yang ditentukan tersebut;
  4. Berkaitan dengan atau timbul dari setiap kontrak “bayar saat dibayar” atau perjanjian lain untuk menjual kepada seseorang atau entitas yang tidak terikat tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali untuk membayar harga pembelian sebagaimana telah disepakati sebelumnya (misalnya barang yang dikirimkan dengan “penjualan atau dasar pengembalian” atau barang dikirim berdasarkan “dasar komisi” kepada agen komisi)
  5. Berkaitan dengan barang yang Disampaikan kepada Pembeli yang Diasuransikan pada saat Peristiwa yang Dapat Diberitahukan (selain Peristiwa yang Dapat Diberitahukan yang timbul semata-mata sebagai akibat dari Pembeli Tertanggung menahan pembayaran atas dasar sengketa yang terdokumentasi bonafide) ada sehubungan dengan Tertanggung tersebut Pembeli;
  6. Yang tunduk pada segala bentuk perselisihan;
  7. Berkaitan dengan setiap transaksi yang bersifat pribadi atau transaksi konsumen yang bertentangan dengan transaksi bisnis atau komersial;
  8. Langsung atau tidak langsung disebabkan oleh risiko politik seperti perang, invasi, atau tindakan musuh asing, permusuhan, pemberontakan, revolusi, penyitaan, nasionalisasi, pemberontakan atau militer atau perampasan kekuasaan, atau karena perintah pemerintah, publik atau otoritas lokal atau dengan pembatasan apapun pada transfer perdagangan; atau
  9. Disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh risiko dari risiko energi atom, menggunakan proses fisi atau fusi nuklir atau penanganan bahan radioaktif termasuk, tetapi tidak terbatas pada penggunaan reaktor nuklir; penggunaan atau penanganan atau pengangkutan bahan radioaktif; atau penggunaan, penanganan, atau pengangkutan senjata perang atau alat peledak apa pun yang menggunakan fisi atau fusi nuklir

 

Manfaat dari Trade Credit Insurance

Melindungi piutang Anda dari potensi kebangkrutan hanyalah sebagian dari manfaat yang dapat diberikan oleh jenis asuransi Trade Credit. Selain melindungi bisnis Anda dari risiko kebangkrutan, ini dapat membantu:
  1. Mengembangkan basis pelanggan Anda karena calon pembeli mungkin tertarik dengan persyaratan kredit Anda
  2. Meningkatkan perdagangan yang memberi Anda kepercayaan diri untuk mengembangkan dan memperluas pasar Anda
  3. Menjamin arus kas memungkinkan Anda membangun hubungan yang kuat dengan pemasok dan karyawan Anda
  4. Menjaga hubungan pelanggan melalui komunikasi yang lebih baik dan persyaratan kredit yang ditingkatkan
  5. Tingkatkan akses Anda ke keuangan dan hubungan Anda dengan bank Anda
  6. Penuhi persyaratan manajemen risiko pemangku kepentingan atau dewan Anda dan berikan ketenangan pikiran
Anda mungkin dapat menggunakan asuransi Trade Credit sebagai layanan bisnis yang dapat dikurangkan dari pajak. Ini bisa menjadi persyaratan pihak manajemen Anda dan Anda mungkin menganggapnya sebagai aset besar ketika mencari keuangan dari bank. Asuransi Trade Credit cocok untuk semua bisnis, dari UKM hingga perusahaan multinasional besar.

Siapa yang membutuhkan TCI?

Setiap perusahaan yang saat ini menjual atau memiliki potensi untuk menjual produk / layanannya ke perusahaan lain dengan Persyaratan Open Account / Kredit, atau sedang mencari perluasan ke pasar baru, atau mencari pembiayaan bank

Biaya untuk Trade Credit

Biaya polis asuransi Trade Credit Anda akan bervariasi tergantung pada industri Anda, pendapatan tahunan Anda yang perlu diasuransikan, riwayat kredit macet Anda, prosedur kredit internal Anda saat ini dan kelayakan kredit pelanggan Anda, di antara faktor-faktor lain dan informasi pembeli.

Jika Anda menjual kepada klien dalam campuran industri dan negara, tarif asuransi Trade Credit Anda akan mencerminkan risiko yang ditentukan untuk dikaitkan dengan semuanya.

Data minimum yang dibutuhkan

Perusahaan asuransi Anda akan menilai risiko berdasarkan:

  1. Riwayat perdagangan
  2. Peringkat pelanggan Anda,
  3. Persyaratan kredit,
  4. Riwayat kerugian atau hutang,
  5. Bidang usaha,
  6. Informasi pelanggan seperti laporan keuangan atau wawancara dan

Faktor-faktor seperti kebutuhan akan batas kredit yang tidak dapat dibatalkan atau penutupan omset keseluruhan

Dokumen klaim

  1. Formulir klaim yang sudah diisi
  2. Salinan faktur, pesanan pembelian, dan kontrak penjualan
  3. Fotokopi bukti pengiriman
  4. Riwayat buku besar 12 bulan (di Excel jika tersedia)
  5. Untuk kepailitan: Pemberitahuan pengadilan dan, jika tersedia,
  6. Salinan Bukti Tuntutan yang diajukan ke pengadilan
  7. Untuk default berlarut-larut: Semua korespondensi yang mendukung langkah-langkah yang diambil untuk meminimalkan kerugian